TRANSLATE

Belajar Autolisp Tentang CAD













Seperti hal dengan sebuah script, Autolisp pun adalah bahasa pemrograman yang biasanya anda temukan dalam paket program AutoCAD. Fungsi Autolisp ialah untuk membuat sebuah kemudahan dalam penggunaan Auto CAD dalam melakukan pekerjaan yang terus dilakukan berulang-ulang agar sesuai dengan kubutuhan user CAD.

Penggunaan Autolisp yang merupakan suatu perintah buat melengkapi banyak perintah autocad dalam bentuk macro. Kelebihan Autolisp seperti halnya bahasa pemrograman lain ialah dapat digunakan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan dari user CAD. Pekerjaan drater CAD dalam bidang tertentu seperti rancang bangun, topograi lahan, dan bidang arsitek maupun yang bidang lain yang pekerjaan tersebut memerlukan sesuatu yang dilakukan berulang-ulang, AUTOLISP sangat cocok utuk pekerjaan tersebut.

AUTOLISP bayak menghasilkan aplikasi tambahan yang sangat berguna buat user CAD. Salah satu yang paling populer sekarang ini yaitu PROCAD. Jika anda adalah sesoorang yang bekerja dalam bidang pengairan (irigasi), pasti tak asing lagi dengan program PROCAD. Dimana program PROCAD dapat dipergunakan buat penggambaran dari hasil topografi suatu objek, melakukan flotting desain, penggambaran suatu bangunan, serta gambar-gambar standard lainnya.

Kelemahan dan Keistimewaan dari program-program yang dibuat menggunakan AUToLISP adalah sangat mudah untuk melakukan edit atau sangat gampang buat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan. Program tersebuat sangat sesuai dengan berbagai permasalahan kondisi lapangan dan ketentuan yang berlaku.

Irricad dan Procad pada awal pembuatan disusun dengan memakaiAUTOCAD R12 selanjutnya disesuaikan dengan AUTOCAD R14. Dengan kemajuan luar biasa dari AUTOCAD, saat ini Procad atau Irricad telah support untuk AUTOCAD 2006. Adapun kelebihan dari AUTOCAD 2006dalam bidang AUTOLISP dibandingkan dengan AUTOCAD R12 dan AUTOCAD R14 yaitu telah ada VISUAL LISP yang dapat digunakan untuk membuka dan merubah program Irricad dan Procad. Dan juga user CAD program dapat menggunakan dialog box berbentuk file menu DCL yang dapat membuat program tersebut lebih komunikative serta informative sesuai dengan penggunaan.

BACA ARTIKEL LAIN :

0 komentar:

Post a Comment