TRANSLATE

1= Membuat Objek 3D Dasar

Pelajaran 1. Membuat Objek 3D Dasar


 
Tutorial ini menguraikan prosedur untuk membuat benda tiga dimensi dengan menciptakan bentuk dasar 3D yang dikenal sebagai primitif padat. Anda juga dapat membuat model 3D dengan ekstrusi bentuk 2D.
Audiens: baru untuk 3D modeling dengan AutoCAD 2010

Prasyarat Pengguna: Kerja 2D pengetahuan tentang penyusunan Waktu untuk menyelesaikan: 15 menit

Tujuan
■ Membuat 3D primitif padat
■ Membuat objek 3D dari objek 2D

Tutorial.

1. Membuat 3D Primitives Solid
Dalam pelajaran ini, Anda belajar bagaimana untuk membuat 3D primitif padat di ruang kerja Modeling 3D.
Dapat menggunakan benda padat 3D standar dikenal sebagai primitif yang solid untuk membuat kotak, kerucut, silinder, bola, torus, baji, dan piramida. Untuk membuat primitif ini solid 3D, ruang kerja beralih ke 3D Modeling, dimana palet dan panel pita disesuaikan untuk membuat dan memodifikasi model 3D solid.
Beralih ke Workspace 3D Modeling 1 Pada status bar, di bawah area gambar, klik Workspace
Switching tombol.



2. Pada menu Workspace, klik 3D Modeling.




Ruang kerja Modeling 3D ditampilkan. Ikon Workspace di status bar menunjukkan bahwa Anda sekarang berada di ruang kerja Modeling 3D. Dalam ruang kerja ini, Anda dapat mengakses berbagai perintah dan peralatan yang diperlukan untuk membuat gambar 3D.


CATATAN Untuk informasi lebih lanjut tentang ruang kerja switching, lihat Panduan Pengguna AutoCAD atau mengacu pada AutoCAD 2009 tutorial: Switching Workspace di AutoCAD 2009.


  • Buat kotak
Anda dapat membuat kotak padat empat persegi panjang atau kubus. Kotak objek dapat membentuk dasar
struktur yang Anda dapat mengubah ukuran atau menggabungkan dengan obyek lain.



Langkah-langkah berikut ini menjelaskan cara membuat sebuah kotak.


1. Pada pita, klik tab Home ➤ Lihat Visual Styles panel ➤ drop-down ➤ konseptual.



2. Pada, pita Home klik tab panel ➤ ➤ Modeling Solid Primitives drop-down ➤ Box.




3. Pada prompt, klik setiap titik dalam gambar untuk menentukan titik dasar.

4. Pada prompt, masukkan @ 8,8 untuk sudut yang berlawanan dan tekan Enter.

5. Pada prompt, masukkan 5 untuk tinggi dan tekan Enter.


Dasar kotak selalu ditarik sejajar dengan bidang XY dari UCS saat ini (workplane). Tinggi kotak ditentukan dalam arah sumbu Z. Anda dapat memasukkan kedua nilai positif dan negatif untuk ketinggian.

6. Pada ViewCube, terletak di sudut kanan atas jendela gambar, klik Top, Depan, Kiri, dan Kanan untuk bernavigasi di seluruh lembaran.



CATATAN Untuk informasi lebih lanjut tentang ViewCube, lihat Panduan Pengguna AutoCAD atau mengacu pada AutoCAD 2009 tutorial: Menjelajahi Model dengan ViewCube.


  • Buat silinder
Anda dapat membuat sebuah silinder dengan dasar lingkaran atau elips.




Langkah-langkah berikut ini menjelaskan cara membuat silinder.

1. Pada pita, klik tab Home ➤ Modeling panel ➤ Solid Primitives drop-down ➤ Silinder.



2. Pada prompt, klik setiap titik dalam gambar untuk menentukan titik dasar.

3. Pada prompt, masukkan 5 untuk radius dan tekan Enter.
4. Pada prompt, masukkan 8 untuk tinggi dan tekan Enter. 
  • Buat kerucut
Anda dapat membuat frustum menunjuk atau kerucut dengan dasar lingkaran atau elips.


Langkah-langkah berikut ini menjelaskan cara membuat sebuah kerucut.
1. Pada pita, klik tab Home ➤ Modeling panel ➤ Solid Primitives drop-down ➤ Cone.
2. Pada prompt, klik setiap titik dalam gambar untuk menentukan titik dasar.
3. Pada prompt, masukkan 7 untuk radius dan tekan Enter.
4. Pada prompt, masukkan 5 untuk tinggi dan tekan Enter.


  • Buat torus
Anda dapat membuat 3D dasar berbentuk cincin padat primitif yang menyerupai batin
tabung ban. Torus A memiliki dua nilai radius. Satu nilai mendefinisikan tabung.




nilai lain mendefinisikan jarak dari pusat torus ke pusat tabung.


Langkah-langkah berikut ini menjelaskan cara membuat sebuah torus.
1. Pada, pita tab Home klik ➤ Modeling panel ➤ Solid Primitives drop-down Torus ➤.



2. Pada prompt, klik setiap titik dalam gambar untuk menentukan titik dasar. 3 Pada prompt, masukkan 8 untuk radius dan tekan Enter. 4 Pada prompt, masukkan 3 untuk radius tabung dan tekan Enter.

Ringkasan: Dalam pelajaran ini, Anda belajar bagaimana untuk:
■ Tampilan area kerja Modeling 3D
■ Membuat primitif sederhana padat 3D


Pelajaran 2.  Membuat Objek 3D dari 2D Objek


Dalam pelajaran ini, Anda membuat objek 3D sederhana dari objek 2D. Anda dapat membuat objek sederhana dan kompleks dengan menggabungkan dan memodifikasi dasar Bentuk 3D. Anda juga dapat mengusir 2D obyek untuk menciptakan padatan dan permukaan dengan menambahkan tinggi. Jika Anda menolak objek tertutup seperti lingkaran, hasilnya adalah solid 3D. Jika Anda menolak objek terbuka seperti busur atau baris, hasilnya adalah permukaan. Permukaan adalah jenis objek 3D yang memiliki ketebalan tidak.


Menggambar berdiri tabel dengan sederhana primitif solid 3D


1. Klik ➤ Buka.

2. Pada kotak dialog Select File, browse ke C: \ My Documents \ Tutorial. Buka create_table.dwg.
3. Pada pita, klik tab Home ➤ Lihat Visual Styles panel ➤ drop-down daftar ➤ konseptual.



Tip Jika Anda memiliki masalah memilih objek, mengubah gaya visual yang aktif untuk 3D wireframe.

4. Pada setengah kiri dari status bar, klik Object Snap tombol untuk mengaktifkan modus objek jepret. Klik kanan tombol Object Snap.



5. Pada menu shortcut, klik Pusat untuk menyalakannya. Opsi Pusat sekarang harus memiliki kotak sekitar icon-nya yang menunjukkan objek snap diaktifkan.




6. Pada pita, klik tab Home ➤ Modeling panel ➤ Solid Primitives drop-down ➤ Cone.




7. Pada prompt, pindahkan kursor ke salah satu lingkaran kecil. Titik pusat lingkaran ditampilkan. Klik pusat lingkaran dalam gambar.



8. Pada prompt, masukkan T untuk radius atas dan tekan Enter.

9. Pada prompt, masukkan 0.5 untuk radius dan tekan Enter.
10. Pada prompt, masukkan -4 untuk tinggi dan tekan Enter.
11. Ulangi proses pada lingkaran kecil lain dalam gambar untuk menciptakan empat kaki meja.



Anda telah membuat empat kaki meja.

Draw atas meja dengan sederhana primitif solid 3D


Dalam file gambar yang sama, lakukan hal berikut:

1 Pada, tab Home pita klik panel ➤ ➤ Modeling Solid Primitives dropdown ➤ Silinder.



2. Pada prompt, pilih titik pusat lingkaran yang memiliki radius 4.


3. Pada prompt, masukkan 4 untuk radius dan tekan Enter.

4. Pada prompt, masukkan 0.5 untuk tinggi dan tekan Enter.

Anda telah membuat atas meja.

Extrude objek untuk menciptakan dinding ruangan




1. Klik logo autocad diatas pojok ➤ Open.

2. Pada kotak dialog Select File, browse ke C: Documents] \ Tutorial. 
3. Buka create_wall.dwg.
4. Pada, pita klik tab Home ➤ Modeling panel ➤ Solid Penciptaan Extrude drop-down ➤.



5. Pada prompt, pilih tiga persegi panjang ditutup pada jendela gambar, dan tekan Enter.





6. Pada prompt, masukkan 96 untuk tinggi ekstrusi dan tekan Enter.


CATATAN benda padat 3D (dinding) dibuat karena Anda telah diekstrusi objek tertutup (persegi panjang). Bila Anda menolak suatu objek terbuka, permukaan 3D dibuat.

7. Ulangi proses menonjol pada (obyek terbuka) busur ditampilkan pada gambar untuk membuat permukaan 3D.



Anda menciptakan dinding ruangan.




Selamat! Anda telah membuat objek 3D dasar. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Panduan Pengguna AutoCAD.

BACA ARTIKEL LAIN :

0 komentar:

Post a Comment